Telah Berpulang ke Rahmatullah: 2016

Lama tak bersua kini berkicau,
Melepas penat melawan rindu.
Eh ini tahun udah aja baru,
Semoga lebih baik dari yang dulu.

Tahun lalu merupakan tahun yang unik. Bagaikan roller coaster, banyak naik turunnya, dan ternyata dilalui dengan cepat. Awal tahun kemarin, gua harus beradaptasi dengan kelas baru. Yups, gua ganti kelas pas masuk semester 2 di kelas 11. Tidak ada yang gua kenal. Tapi entah kenapa, 'Salveohexia', begitulah nama kelas kami, memberikan kesan tersendiri bagi gua.

Masih ingat diingatan gua, bu Nurmukminah, guru agama sekaligus walikelas Salveohexia meminta adanya pemilihan ketua kelas baru. Baru 1 minggu berada di kelas tersebut, melalui pemilihan suara, gua diminta jadi ketua kelas. Entah kudu seneng karena dapat kepercayaan, atau sedih karena jadi babu kelas.

Lalu, salah satu highlight lain adalah saat gua jadi Fasilitator/Panitia kegiatan non-profit Kelas Inspirasi Lombok ke-3, bagian dari Indonesia Mengajar pada bulan Maret. Sebelumnya, gua pernah jadi relawan pengajar di Kelas Inspirasi Lombok ke-1 di Lombok Barat pada Januari 2015, kemudian vacuum pada Kelas Inspirasi Lombok ke-2 di Lombok Timur pada April 2015.. eh taunya dipercaya jadi panitia untuk kegiatan ke-3 yang diselenggarakan di 7 gili (pulau kecil) tersebar di sekitaran pulau Lombok. Kebetulan, gua ditugaskan untuk mengkoordinasi kegiatan di Gili Air. Suatu kehormatan bagi gua bisa ketemu orang-orang hebat dengan latar belakang profesi berbeda-beda. Ada radiografer, ada designer, ada apoteker, ada perawat, ada dokter gigi, ada CEO suatu perusahaan, ada seorang dosen pariwisata, ada yang bekerja di PT. KAI, ada teknisi, ada pramugara di maskapai ternama dunia.. Nih orang-orang luar biasaa cuy.. Gua jadi banyak tau tentang obat karena nanya-nanya ke apoteker tsb. Behh.. sedap deh momen ini.

Kemudian, sekitar bulan April, Alhamdulillah gua dan keluarga dapat mengunjungi bumi matahari terbit. Itu merupakan pengalaman berharga bagi gua dan melihat langsung salah satu budaya yang gua kagumi. Ketika pulang mengakhiri perjalanan, tentu gua sedih dong kudu balik sekolah.. ya iyalah, gua pelajar normal. (KBBI: Pelajar Normal = adalah mereka yang bosen sekolah dan ingin libur, tapi pas libur ingin sekolah).

Tapi keseruan tidak berhenti disitu. Gua tiba di Jakarta dari Haneda hari Rabu malam, kemudian gua kudu pulang ke Lombok hari Kamis pagi. Tiba di Lombok pada tengah hari, sorenya kudu ngumpul sama prajurit Salveo untuk mempersiapkan pentas dalam rangka memperingati ulang tahun sekolah gua. Disinilah keseruannya.

Ketika 41 anak lainnya sudah mempersiapkan penampilan sejak berminggu-minggu sebelumnya, gua hanya punya waktu 3 hari. Yups, 2 hari. Hari Kamis sore ngeliat mereka tampil dan mempelajari gerakan. Hari Jumat pagi sekolah, malamnya gladiresik dari mulai numpang di parkiran mall sampe di gedung kosong bekas industri supaya gratis. Hari Sabtunya pentas.

Entah kenapa pengalaman-pengalaman dengan salveohexia tersebut melekatkan gua dengan mereka. Bagi gua, salveohexia itu punya 'perbedaan' tersendiri. Di kelas gua, ada anak basket sekolah, ada anak paduan suara, ada gadis-gadis Rohis, ada calon ustadz dan pengusaha nasi uduk enak banget, ada anak motor, ada anak gamers, ada yang rumahnya selalu jadi sasaran ngumpul setelah selesai penjas diluar sekolah, ada yang punya kisah cinta, ada yang gak bisa move on, ada yang berusaha kurus tapi gajadi-jadi, ada yang udah coba diet sekuat tenaga tapi gagal, ada anak OSIS, ada anak klub dance, ada yang cantiknya mirip kate middleton, ada yang kalau marah seisi kelas bisa kacau, ada yang kalau nyubit bisa sampe biru selama sebulan, ada yang selalu bawa minyak telon kemana-mana, ada yang kerjaannya tidur, ada anak paskib, ada hacker yang pernah nyolong duit dari korbannya tapi udah insaf dan duitnya ilang gatau kemana, ada yang jambulnya kudu tegak berdiri, ada yang sok cool, ada yang ngingetin lewat grup LINE untuk solat subuh, ada yang pipinya tembem kayak bakpao, dijual kiloan bisa buat beli rumah, ada yang kalau disuruh dateng jam 10 pasti bisa telat belasan jam karena make up rempong, ada yang jago banget ngedesign tulisan, ada yang hidungnya nyembul unyu, ada yang suka minta makanan, ada yang motornya berisik seantero dunia, bahkan ada yang juara umum II kompetisi nyanyi The Voice Indonesia tahun 2016. Kelas ini kelas lengkap. Mulai dari yang absennya hampir nol, yang rajin banget dateng, sampe yang absennya bisa bikin geleng kepala dan bahkan dijuluki anak kolong. Dimarahin guru bareng-bareng pernah. Dikeluarin dari kelas rame-rame juga pernah.

Sayang, gua cuma bisa 6 bulan bersama mereka. Kini mereka lagi fokus buat UN (gua harap semuanya fokus sih, meski yaaa... gua tau ada yang nyantai2 aja.. wkwkwk)..

Setelah sekolah selesai dengan peringkat gua ranking 3 wkwkwk (2 ranking diatas gua cewek2 rajin), gua sempat pulang kampung dulu pas lebaran. Mulai ke Yogya, ngunjungin eyang dan menghabiskan beberapa hari klinong-klinong alias wisata kuliner. Gua makan abis-abisan di angkringan kaliurang km 14, gudeg manggar, lesehan SBTB, ronde di alun-alun keraton, dll. Terus ke Palembang. Suasana di Palembang yang gak bakal pernah gua lupain. 2 meja makan gede, yang satu khusus untuk menyajikan buffet makan pagi (menu mie goreng dan lontong opor), makan siang dan makan malam (yang biasanya beragam mulai dari lalapan ikan goreng dengan sambal mangga, sampai pindang patin). Meja yang kedua menyajikan pempek 24 jam dan cemilan lainnya. Kemudian ke Bandung, kuliner di rumah mode sampai di the kiosk. Duh ini nih semua hal, semua makanan yang gua lagi rindu sebanget-bangetnya.

Selesai lebaran, gua 'backpackeran' sama temen gua yang baru lulus SMA ke negeri Singa. Ini pengalaman kedua gua jalan sendirian, tapi pengalaman pertama dengan teman doang. Gua belajar banyak dari perjalanan-perjalanan ini. Mulai dari ngeliat tempat-tempat yang jarang dimuat orang lain. Kalau biasanya Singapur cuma : 'Ya Sentosa lah', 'Universal Studio hmm', 'Orchard cuy'.. kami cari tempat lain.. menyusuri pasar, ke tempat-tempat hijau, naik turun pusat perbelanjaan murah. Dan honestly, gua gak habis banyak banget untuk pengalaman berharga ini. Travelling itu bisa murah kok, asal pinter-pinter ngatur jadwalnya.

Dari lebaran, gua sempet magang jadi pengacara, alias penganggurang banyak acara. Yups, gimana enggak. Gua udah mulai cuti sekolah. Dari pulang lebaran sekitar awal bulan Juli, gua nungguin pekan pertama bulan agustus untuk Orientasi Nasional Pra-Keberangkatan siswa AFS/YES Year Program 2016-2017. Selama jadi pengacara, kerjaan gua klinong, ngunjungin teman, jahilin temen yang lagi sekolah, makan, minum, tidur, kadang ngerjain kursus online bahasa Italia.

Akhirnya momen magang itu sempet terputus selama seminggu ketika gua berurusan sama Ornas/Orientasi Nasional. Tanggal 1 Agustus gua kudu lapor diri dan briefing pra-ornas di Jalan Limau no.22 Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Anak AFS lain yang pertama kali gua temui adalah Bang Ferdi, anak fotografi dari Chapter Balikpapan yang berangkat ke Belgia. Abis lapor diri, sehari setelahnya, Selasa sampai Minggu gua dikarantina di Hotel Desa Wisata Taman Mini Indonesia Indah. Gua teramat-amat terima kasih untuk om, tante dan sepupu gua yang memberikan penginapan di bilangan Jakarta Timur pada senin malamnya, dengan begini gua gak perlu berangkat subuh-subuh dari Jakpus ke TMII. Terima kasih sanget sanget juga untuk salam tempelnya Om Benny sebelum pisah di lobby hotel Desa Wisata ehehe..

Selama Orientasi Nasional, HP disita. 130 anak berkumpul disitu. Sarapan jam 6-7 pagi, sesi-sesi tentang persiapan kita menghadapi exchange year di negeri orang, coffee break setiap jam 10 pagi, makan siang buffet, lanjut lagi sesi-sesi yang kadang membosankan, coffee break lagi setiap jam 4, lanjut lagi sesi-sesi di dalam aula yang AC-nya kadang minta ampun dinginnya, kemudian makan malam, lanjut ke pleno yang kadang kena marah kakak panitia, dilanjutkan latihan talent show, break makan sepotong roti dan segelas susu untuk menjaga stamina, pernah juga disuapin madu sama kakak-kakak seksi Akonkes yang cantik, ganteng dan juga ada yang galak. Lanjut lagi deh latihan talent show sampai subuh. kadang selesai jam 3, kadang pula jam 4. Bangun lagi jam 6. Hitung sendiri deh berapa jam tidurnya. Jangan salahkan jika nama kami adalah pejuang freshcare. Pas sesi di siang hari, meski perih, kami rela naruh freshcare dibawah kelopak mata biar tetep melek.

Latihan Talent show emang penting banget yak? Pada hari ke 5, kita bakal memberikan sebuah pertunjukkan ke orang tua kita, ke beberapa panitia dan relawan bina antarbudaya, dan para donatur. Talent show ini sih bukan asal nari ecek-ecek, penonton tepuk tangan ecek-ecek.. Pertunjukkan ini adalah bentuk apresiasi kepada tangan-tangan yang terlihat maupun yang gak terlihat.

Meski lelah hayati ini, tapi bisa bersama dengan 136 anak yang lulus dari 9000 pendaftar merupakan pengalaman berharga bagi gua. Angkatan kami namanya Lentera Kinanti Nusantara, disingkat LKN, atau gaholnya LEKAT, yang Insyaallah bisa meLEKATkan dunia. Asikkk mantabb joss..

Setelah selesai ornas, gua pun balik ke Lombok. Jadi pengacara lagi untuk sebulan. Tiap sabtu, emak gua bikin acara farewell gitu dehh.. kayak minggu pertama sama guru-guru dari sekolah gua yang dulu, sabtu ke-2 sama kolega kerja bapak gua, sabtu ke-3 sama Salveohexia, dan seterusnya. Sekaligus mohon doa mereka sih supaya gua lancar.. Begitupun sebaliknya.

Akhirnya, hari yang ditunggu-tunggu tiba juga. September. Gua pernah cerita kayaknya, tapi gpp deh recap lagi. Gua berangkat dari Lombok ke Jakarta hari Minggu tanggal 4 September, diantar bukan sama bokap, tapi sama 4 sahabat gua: Ivan yang motornya berisik itu, Yoan yang hacker itu, Daiky yang calon ustad dan pengusaha nasi uduk, dan Rifky yang....  paling sering jadi tumpangan gua pulang sekolah. Mereka nganter gua ke bandara, foto-foto banyak sebelum berangkat. Behh.. see you guys soon..

Btw, terus hari senin tanggal 5 September gua ada janji dengan salah satu orang Kementerian Pariwisata. Gua waktu di Lombok email ke kemenpar, mau minta bahan promosi Indonesia. Ternyata email gua direspon cukup cepat. Gua langsung di whatsapp sama salah satu orang di pihak bersangkutan. Gua ditanya butuh apa, gua cuma minta brosur aja sama peta pariwisata Indonesia. Yang ringan dan bisa gua selipin di koper. Mohon dimaklumi, koper gua udah penuh banget dan hampir overweight. Bisa-bisa kena charge pihak maskapai. Jadilah pada tanggal 5 September, gua berangkat dari tempat gua tinggal ke Gedung Sapta Pesona pakai busway, bayar 3.500. Kurang dari goceng. Rencana gua pulangnya juga bakal pakai busway, gitu kan irit, karena gua mikir kalau bakal ngambil satu handbag doang isinya brosur2. Pas nyampe gedung, ternyata gua udah disiapin satu box yang ukurannya kayak box microwave yang gede. Isinya tuh ada brosur, tas tulisan Wonderful Indonesia, ada kaos, ada dompet, ada topi, ada pin, ada pulpen. Alhamdulillah yaahh. Gua minta hati, dikasihnya semua organ pencernaan. Namun... bukannya menyesal.. tapi uang gua pulang gak disubsidi sama mereka. Yang sebelumnya mau pulang pakai busway bayar Rp.3.500 jadi kudu pake taxi bayar Rp. 35.000.

Nah, tanggal 6 September gua kudu finalisasi packing. Bener-bener semua kudu masuk. Karena tanggal 7 September, gua ULANG TAHUN hehehe (catat yakk..). Hari Rabu tanggal 7, gua ulang tahun dan dirayain dengan keluarga bokap gua. Kemudian tanggal 8 September, gua ke bandara untuk berangkat, tanggal 9 september gua tiba di Roma dan masih terkantuk-kantuknya karena jetlag, tanggal 10 berangkat ke Sardinia.

Yups.. september gua kmrn diawali dengan kegiatan yang padat merayap. Hari-hari gua lewati. 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan dan hampir 4 bulan gak kerasa. Dari yang dulunya gak ngerti apa-apa bahasa Italy, sekarang udah bisa lah dikit-dikit. Yang dulunya masuk sekolah celingak celinguk, sekarang bisa lah berbaur dikit-dikit. Yang dulunya nyasar naik bus berkali-kali, sekarang bisa lah bepergian jauh dengan lancar. Susah, senang, sedih, homesick ya gua alami pelan-pelan.

Pengalaman-pengalaman baru seperti perayaan natal disini karena keluarga gua adalah orang nasrani, yang gua kira ke gereja dsb, ternyata keluarga gua cuma ngundang saudaranya terus makan-makan doang. Pas tengah malam natal, bagi-bagi kado. Gua dapat sweater, parfum dan angpao. Alhamdulillah ya Allah.. Angpao.. behh..

Terus yang tahun baru gua gak kemana-mana, ngerayain bareng host parents di rumah temennya sambil makan-makan dan mereka main semacam 'bingo'. Kayak di salah satu serial Mr. Bean, yang main bingo nenek-nenek kakek-kakek, disini jadi bener-benr main bingo juga. Meski ada beberapa kegiatan yang gua pikir sebelumnya bakal spesial dan berbeda seperti natal dan tahun baru, ternyata keluarga gua juga biasa aja gak gimana-gimana banget, tapi enggak apa-apa. Bagi mereka yang terpenting bisa ngumpul dan bisa tertawa bercanda bersama.

Itulah re-cap tahun 2016 gua. Gua mau upload foto-foto tapi kadang nguploadnya susah. For your information, internet di Italia bukan yang super cepet banget. Kadang mirip lah sama di Indonesia, dan bahkan gua rasa di rumah gua di Lombok lebih cepet dan lebih bagus koneksinya. Btw, gua udah lama gak nulis, mungkin ada sebulan, itu terjadi karena beberapa hal. Yaa, mulai dari gua sibuk-sibuk sekolah, kesibukan sama keluarga, malas nulis dsb. Tapi gua juga udah bikin beberapa video, pengennya ngupload di youtube, tapi belum berhasil-hasil. Udah dicoba berkali-kali, pas udh nyampe 80% ternyata internetnya crash. Sedih hayati. :)

Baiklah. Semoga tahun ini bakal jadi tahun yang lebih baik untuk gua dan pembaca terhormat sekalian. Tetap jaga kesehatan, tetap nyambung tali silaturahmi, dan tetap optimis!!!