Butuh Air

Sabato, 26 November 2016

Hari ke-77. 

-----------------------------------

WARNING: POST INI BAGI SEBAGIAN ORANG AKAN BERPENDAPAT 'JOROK'.
SPOILER: POST INI MENGENAI TOILET.
NOTICE: MOHON MAAF KALAU ADA YANG KURANG BERKENAN.

Okay, jadi gini.. Gua harap pembaca yang Terhormat sudah membaca pendahuluan (Warning, Spoiler, Notice). Jadi pada post ini, gua akan menulis beberapa informasi tentang perbedaan toilet di Indonesia dan di Italia atau umumnya di negara-negara Eropa. 

Gua merasa terhina. Yups. Entah kenapa masih ada di benak gua, ucapan yang dilontarkan oleh salah satu temen kelas. Gimana gak sensi yakk.. 

Hari itu, kita lagi jalan-jalan aja sambil ngobrol ngalur ngidul. Tiba-tiba, gua ditanya: "Eh cuy, di Indonesia ada bidet gak?" 

--- Intermezzo: Bidet adalah semacam wastafel kecil yang ditujukan untuk mencuci alat kelamin, perineum, atau bagian dalam bokong. Bidet merupakan kata yang asal mulanya dari Bahasa Perancis. Di Indonesia, bidet hampir gak ada. Ada alasannya dibawah ini. Atau mungkin, lu udah tau jawabannya.  

Sumber: Wikipedia
Nah.. pertanyaan dari temen gua itu gak bikin sensi. Gua jawab aja: "Di Indonesia tidak ada bidet." 
Tapi yang bikin kesel adalah balasan dari temen gua, seperti ini: "Ih! Pantat orang Indonesia jijik."

Saat itu gua pengen mengumpat atuh, tapi gak baik. Jangan ditiru dan jangan dilakukan ya. 
Cuma bener dah, gua pengen ketawa tapi marah juga. Justru, bagi gua, Indonesia selangkah lebih maju. Mereka aja yang gak tau kalau kita punya alat canggih. 
Sumber: Google. Semprotan Canggih
Semprotan ini yang membersihkan bagian-bagian yang perlu dibersihkan. Nyaman dan aman! 
Atau kadang di beberapa tempat, ada yang lebih canggih lagi. Macam ini..
Sumber: Google
Dengan semprotan macam diatas, tinggal nunggu aja airnya nyemprot setelah bunyi 'plung'. 
Setelah gua jelaskan kondisi toilet di Indonesia, mereka langsung terdiam. Dalam hati, "sorry lah yau, kami sangat memperhatikan kebersihan 'itu'". 
------------------------------------------
Untuk informasi sedikit. Ada 2 macam toilet, basah dan kering. Toilet basah adalah macam toilet kita di Indonesia yang menggunakan semprotan untuk membersihkan bagian yang perlu dibersihkan setelah menggunakan kloset. Sedangkan toilet kering adalah toilet yang menggunakan tissue untuk membersihkan bagian-bagian itu. 

Ada yang bilang jijik? Yaa emang beginilah kenyataannya. Mereka tetap membersihkan bagian-bagian tersebut, tapi tidak langsung. Biasanya pas mandi, sebelum tidur atau saat bangun pagi. Kembali lagi, manakah yang kalian pilih, 'kepraktisan' atau 'kebersihan'? 

Kalau bisa comment dibawah ini, comment aja sok. 

Comments

  1. Your article is very helpful for me. I will follow your instruction. Thank you.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Post