Interogasi Melatih Kesabaran

Duh akhir-akhir ini gua jarang nulis gara-gara sibuk ujian.

Di Italia itu gak ada istilah Ujian Akhir Semester sih, suka-suka gurunya aja mau ngasih ujian kapan. Berhubung materi udah selesai, jadi ujian dilaksanakan belakangan ini.

Seperti gua pernah cerita sebelumnya, ujian di Italia itu ada 2 macam: Ujian Lisan dan Ujian Tulisan.
Bagi gua, ujian lisan merupakan pengalaman pertama kali. Di Indonesia jarang ada ujian lisan. Yaa.. ujian lisan ini sebenernya bagus yak, mau gak mau si anak kudu belajar, gak bisa ngandelin temennya untuk nyontek.

Jadi gini, kemaren gua disuruh belajar Bab tentang tulang dan saraf untuk mata pelajaran biologi. Gua akan dapat giliran untuk di-interogasi.

Tau gak, gua pan nanya sama guru, 'belajar yang mana prof?"
Jawabannya: "Bab 12 aja kok"..

Nah gua kira tuh Bab 12 pendek, pas gua buka buku.. yassalam.
Gua kira bakal dikasih kisi-kisi spesifik, kebiasaan gua di Indonesia. Sebenernya gak susah2 amat sih, bagi gua belajar itu ada tekniknya. Biasanya gua ujian biologi di Indonesia baca juga 1 bab. Dipahami, terus cari kata kunci, ntar hapal sendiri.

Masalahnya adalah tuh buku isinya bahasa planet. Alhasil gua kudu nerjemahin satu bab, pahamin semuanya, terus bikin ringkasannya, terus diterjemahin lagi ke bahasa planet tsb.

2 hari berturut-turut, setelah selesai makan siang jam 3 sore, gua belajar/nerjemahin sampe jam 1 malam. Alhamdulillah ada kepuasan sendiri pas udah kelar nerjemahin semua dan memahami semua.

Pas Hari H, gua dateng deh tuh, dengan rasa percaya diri. Berjalan Lancar.
Tapi gua sebel banget dah. Sebel-sesebel-sebelnya.. Belajar ampe larut malam, 1 bab, belasan ribu kata, behh.. yg ditanya cuma 3 pertanyaan. Udah gitu cuma 10 menit doang.

Dan pertanyaan-pertanyaannya yang keluar seputar halaman 1-3 doang. Sisa 11 halaman lainnya gk ditengok.

Sejak saat itu, gua belajar bersabar.
Om telolet om.

Comments

Popular Post