Si Zoel Anak Sekolahan

Hi gengs, 

Sudah beberapa hari gak nulis.. Gua pengen cerita sedikit tentang sekolah gua deh. 

Gua itu kan pelajar yang ditukar ke luar negeri, jadinya wajib belajar/bersekolah. Selama sisa 8 bulan kedepan, gua menyandang status 'pelajar kelas 4' di SMA Tecnologico "Othoca" di Oristano. Sekolah disini tuh beda dengan Indonesia. Kalau di Indo, kita nyebut bu guru.. disini Prof semua! (Bener dah, gk bohong)..

Jadi, SMA di Italia berjumlah 5 tahun dan model sekolahnya mirip-mirip SMK gitu. Jurusannya banyak. Ada jurusan sains, bahasa, masak, teknologi, classico, scenze umane, dan masih banyak lagi. 1 sekolah dikhususkan untuk satu jurusan nih, biar gk ada poligami.. (eh opo toh).. 
Beda dengan di Indonesia. Kalau di Indonesia kan 1 sekolah ada 2-3 jurusan (IPA, IPS, Bahasa). 

Kebetulan sekolah gua itu Tecnologico. Tecnologico itu sama aja seperti jurusan sains, bedanya terletak pada muatan wajib. Muatan wajib jurusan sains itu adalah Sastra Italy, Sejarah Italy, Matematika, Seni dan Sejarah Seni, serta Latin. Muatan wajib untuk jurusan tecnologico, semua sama kecuali latin. Kita gk ada latin-latinan, diganti sama Iptek. 

Sekolah gua terletak di pinggiran kota Oristano, 17km dengan bus dari rumah. Masuk sekolah jam 8.15 dan pulang jam 13.15. Tiap hari belajar 5 mata pelajaran, masing-masing pelajaran durasinya 60 menit. 

.........................
Berbicara soal urusan perut. Salah satu yang gua sesali adalah tidak adanya kantin di sekolah ini. Gua kangen Kantin 'Semangat' di SMAN 5 Mataram. Nasi goreng 5.000, nasi kuning 5.000, nasi putih 5.000. Cilok 500 perak,, behh sedap nian.... 

Disini cuma ada mesin jajan gitu, kita cemplungin koin, terus milih jajan yang diinginkan. Tapi jajanan yang ada: KIT KAT Rp. 15.000, LAYS Rp. 10.000.. Gk nendang.. bener2 gk nendang.. Istilahnya, baru masukin mulut, gk nyampe tenggorokan, tuh jajan udah habis terdispersi oleh zat-zat dalam tubuh.. (Anak IPA bahasanya agak high-class, temennya Vicky). 

Untuk mengakali hal tersebut, tiap hari, gua bawa jajan dari rumah. Kadang bawa, kadang enggak.. Soalnya kadang bosen, jajanannya juga roti-rotian. 
-------------------

Nah, pada hari Sabtu 12 November, terjadi peristiwa baru. Hari itu adalah hari terbaik gua di sekolah Italy sejauh ini. Jadi, mulai bulan November dan seterusnya, tiap bulan, setiap kelas diberikan waktu bebas dari kewajiban belajar selama 2 jam. Kita boleh bawa jajan, main kartu, dll. Kita sendiri boleh menentukan kapan mau bebas. Kami pun memilih hari tersebut pada 2 jam terakhir. 

Kenapa hari itu jadi hari terbaik gua? 

So, pelajaran jam pertama: gurunya gak ngajar banyak. 
Pelajaran jam kedua: gurunya gak masuk
Pelajaran jam ketiga: Olahraga.. Main poli
Pelajaran jam ke-4 dan ke-5: Waktu bebas

Di sekolah, mantab banget dahh.. gak banyak ngapa-ngapain.

Sepulang sekolah, gua diajak sama temen makan di restoran china. Setelah 2 bulan, akhirnya gua ketemu restoran china. Gua sempet menitikkan air mata.. Wkwkwk..

Gua mesen: Mi goreng ayam, dim sum udang, kerupuk udang, ikan filet asam manis, sama sushi tempura. Semuanya habis 18.5 Euro. Itu, mengeluarkan biaya sebesar itu, gua puasa 6 hari gk ngeluarin duit apapun.. 

-----------------

Well, untuk sementara, gua akan nulis ini dulu.. 
Gua sadar, 2 bulan terakhir, gua ngepost suka-suka gua. Gk ada tanggalan tetap, jadi agak susah bagi pembaca yang terhormat untuk mengetahui kapan ada post baru. 

Setelah melalui shalat malam dan segala pertimbangan, 
Maka, mulai minggu depan, akan ada post-post baru yang akan dipublish setiap Malam Jumat setelah yasinan maghrib. :) Sekali publish minimal ada 1 post, tapi biasanya akan lebih dari itu. 

Sekali lagi, gua haturkan terima kasih banyak bagi para pembaca sekalian. Jangan lupa buat naruh komentar kalau memang ada, di bawah kolom yang disediakan. 

Terima kasih :) 

Comments

Popular Post