Kelas Serasa Pasar

Rabu 14 September 2016-Kuningan 11 Pahing 1949-12 Dzulhijjah 1437H dan lain sebagainya, merupakan pertama kali bagi gua merasakan pengalaman sekolah di luar negeri. Seperti yang gua umumkan di post sebelumnya, gua bakal sekolah di Kota Oristano, Pulau Sardinia. Sekolah gua ini merupakan jurusan ‘industriale’.. yang kalau diartikan………. artikan sendiri ae lah. Kalau gk ngerti, coba search yaa. Aku kudu piye.

Pagi itu, gua berangkat bareng host bro dan host mom ke sekolah dengan kendaraan canggih bernama mobil. Di Italy itu, (gk seluruhnya sih), tapi yang jelas di lingkungan gua sekarang, selama 7 hari disini, yang gua perhatikan bahwa virus Valentinorossialus telah menyebar. Jalanan kecil di kota mini, bisa juga ditembus dengan kecepatan tinggi. LUAR BIASA!!!!

Dari Marrubiu, 17km ke Oristano, sekolah gua, ditempuh selama 10-15 minuti. Tiba di sekolah, gua langsung di antar ke kelas 4M. – (Di italy itu, sekolah wajibnya 13 tahun. Komposisinya adalah SD 5 thn, SMP 3 thn, SMA 5 thn. Jadi gua itu di kelas 4 SMA, rombel kelas M. Capito?)

Hari itu, bener-bener dah gak ada belajar sama sekali. Gua perkenalkan diri, dan duduk di deretan depan bersama salah seorang penerjemah handal, Riccardo (MOHON MAAF UNTUK PENULISAN NAMA DAN GELAR). Gua pengen banget ngobrol banyak, sepertinya mereka pun begitu, tapi apalah daya perbedaan BAHASA yang menjadi hambatan. Artinya apa? Artinya bahasa tidak selamanya mudah dipelajari. 

Nexi: Kelas itu sumpah berisik banget. ukuran ruang 7x5m kira2, diisi 28 anak yang mayoritas berisik banget. Gua yang duduk di depan aja kadang gk kedengeran professor ngomong apa. (Di Italy, kita manggil YTH. TUAN/PUAN GURU YANG AMAT DICINTAI dengan sebutan Professore atau Professoresa. Kenapa gua kapital kalimat yang terhormat guru, karena mohon maaf saja, di Italy gua miris, guru2 seperti tidak dihormati. Para alunni ngobrol sendiri, asik sendiri, makan sendiri, main hp sendiri… hmmhh,, kalau udh ketemu Bu Ir*a, bakal kena tabok deh, dan semester dpn kena recourse. wkwkwk

Sekian dulu, bakal gua lanjutin next time. Ciao!

Comments

Popular Post